Kampungcyber’s Blog Sumber Taman Kota Probolinggo

STRATEGI AKURASI DATA DALAM MENUNJANG PERENCANAAN

Posted on: Maret 13, 2009

Pengantar

Perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian dari sistem pembangunan daerah yang berfungsi sebagai pengarah yang memberikan rambu-rambu kegiatan yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan pembangunan secara bertahap. Perencanaan menjadi bagian yang sangat penting sebagai pengendali sebuah kegiatan yang memberikan rincian tentang rasionalisasi perlunya sebuah kegiatan dilakukan, tujuan dan sasaran yang akan dicapai, metode pelaksanaan, sarana dan prasarana pedukung dan sumberdaya yang diperlukan. Adanya perencanaan disebabkan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehingga diperlukan kegiatan-kegiatan prioritas sebagai kegiatan yang harus segera dilakukan yang sifatnya mendesak.

Untuk menyusun sebuah perencanaan yang baik diperlukan data yang akurat sebagai dasar menetapkan target dan tujuan yang ingin dicapai. Kesalahan data yang digunakan mengakibatkan perencanaan yang dibuat tidak akan berguna. Dalam istilah sistem informasi dikenal istilah Gigo (garbage in garbage out) maksudnya adalah apabila input datanya sampah maka yang dihasilkan adalah sampah pula. Demikianlah data memegang peran yang sangat penting dalam sebuah formulasi perencanaan.

Peran dan Fungsi Data

Peran dan fungsi data dalam perencanaan pembangunan merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar menentukan kebijakan sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi terhadap hasil perencanaan yang telah dilaksanakan. Input data yang salah dalam merumuskan sebuah perencanaan maka akan menghasilkan perencanaan yang salah pula.

Data adalah fakta yang ada di lapangan. Data dapat berupa peristiwa, kejadian, fenomena alam yang berlangsung di masyarakat. Data dapat bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Data akan berubah menjadi informasi apabila keberadaannya mampu mengubah seseorang untuk melakukan sesuatu tindakan. Data yang digunakan dalam perencanaan pembangunan adalah data yang telah menjadi informasi sehingga menjadi bahan untuk menetapkan tindakan untuk merubah keadaan menjadi lebih baik daripada keadaan sebelumnya.

Apabila dikaitkan dengan kelembagaan Bappeda sebagai lembaga perencanan pembangunan pentingnya data dalam melaksanaan perencanaan pembangunan ditangani bidang khusus yaitu Bidang Data dan Penelitian Pengambangan. Bidang ini memiliki tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penelitian pengembangan daerah, pengelolaan data perencanaan, penyusunan statistik, evaluasi dan pelaporan pembangunan, sedangkan fungsinya adalah :

1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pelaksanaan penelitian dan pengembangan daerah untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

2. Melaksanaan penelitian pengembangan dan dokumentasi hasil penelitian pengembangan.

3. Mengembangkan teknologi informasi dan electronic government.

4. Mengelola data dan informasi hasil pembangunan.

5. MelaksanaKan bimbingan dan analisa laporan pelaksanaan pembangunan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

6. Menyusunan data statistik daerah.

7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan.

8. Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Bidang Data dan Penelitian Pengembangan dibantu oleh dua sub Bidang Yaitu Sub Bidang Data dan Statitistik dan Sub Bidang Data Penelitian dan Pengembangan.

Strategi Akurasi Data

Sebagaimana di jelaskan di muka bahwa data berperan penting dalam merumuskan perencanaan sehingga agar mendapatkan data yang akurat diperlukan strategi yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan. Strategi yang ditempuh Bidang Data dan Litbang adalah sebagai berikut :

1. Kerjasama dengan Badan Pusat Statistik

Pengumpulan data yang dilakukan melalui kerjasama dengan BPS adalah data yang secara kelembagaan penangangannya memang menjadi tugas BPS sebagai penyedia data secara nasional seperti :

a. Penyusunan Produk domestic regional Bruto

b. Penyusunan Daerah Dalam Angka dan Kecamatan Dalam Angka

c. Penyusunan Indek Pembangunan Manusia

d. Penyusunan data yang berkaitan dengan sensus kependudukan.

2. Pengumpulan data melalui dinas/Instansi

Pengumpulan data yang berkaitan dengan hasil-hasil pelaksanaan pembangunan dilakukan melalui dinas/instansi teknis sebagai panggungjawab pelaksanaan program kegiatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik questionare disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan data. Pengumpulan data melalui dinas/instansi teknis digunakan untuk keperluan antara lain :

a. Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah Daerah

b. Rencana Kerja Pemerintah Daerah

c. Penyusunan Rencana Kinerja Tahunan

d. Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah

e. Penjaringan Data Hasil Pembangunan Kota

f. Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggunjawaban Walikota

g. Penyusunan profil daerah dan Identifikasi Pengembangan daerah

3. Kerjasama dengan lembaga pendidikan maupun LSM

Pengumpulan data melalui kerjasama dengan lembaga pendidikan dilakukan dalam rangka melaksanakan penelitian dan pengembangan daerah. Pengkajian terhadap isue-isue strategis yang berkaitan dengan pembangunan dimaksudkan untuk mendapatkan informasi secara detail dan mendalam sehingga diperoleh informasi yang akurat sebagai dasar menetapkan kebijakan perencanaan. Pengumpulan data dengan strategi ini diantaranya adalah :

a. Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi investasi di Kota Probolinggo.

b. Kajian mencari format menuju pelayanan pendidikan yang murah dan terjangkau.

c. Penelitian dampak merokok terhadap aspek sosial.

4. Pengumpulan data secara langsung

Pengumpulan data secara langsung dilakukan dengan survey lapangan untuk mendapatkat informasi yang akurat berupa informasi visual, audio, maupun audio visual. Selain itu pengumpulan data dilakukan dengan mengundang sumber data untuk memberikan keterangan-keterangan maupun informasi dalam bentuk lokakarya, diskusi maupun seminar.

5. Pengumpulan data melibatkan masyarakat

Pengumpulan data melibatkan masyarakat dimaksudkan sebagai pengumpulan data secara langsung dengan memanfaatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan pendataan di lingkungan yang menjadi tempat tinggal. Pelibatan masyarakat adalah untuk menghindari kesalahan data yang dilakukan oleh orang luar yang tidak mengerti situasi dan kondisi keseharian lingkungan. Data yang dikumpulkan dengan metode pelibatan masyarakat adalah pendataan kemiskinan sehingga kesalahan interpretasi terhadapat kriteria yang ditentukan dapat dihindari.

Sarana dan prasarana

Penyediaan data perlu ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana diantaranya adalah komputer, format-format data, sistem pendataan, sarana komunikasi data bahkan pemanfaatan media teknologi komunikasi (internet maupun intranet) untuk mempercepat proses komunikasi data. Dalam proses perencanaan eksistensi data tidak hanya akurasinya yang dituntut untuk dipenuhi tetapi ketepatan waktu juga sangat menentukan ketepatan perumusan program perencanaan, sehingga sarana komunikasi data melalui pemanfaatan teknologi informasi mutlak diperlukan. Sarana dan prasarana teknologi informasi telah dimiliki berupa aksesibilitas internet maupun jaringan intranet antar dinas di Kota Probolinggo. Program kegiatan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka menunjang akurasi data perencanaan yaitu :

1. Penyediaan data melalui website Pemkot Probolinggo

2. Pembangunan web mail intranet

3. Pembangunan bank data server

4. Fasilitasi pembuatan web mail pejabat

5. Pembangunan sistem informasi data kemiskinan

6. Pembangunan sistem informasi profil daerah

Akuntabilitas Perencanaan Pembangunan

Akuntabilitas adalah pertanggunggugatan terhadap sesuatu yang telah dilakukan. Akuntabilitas mengandung pengertian tanggungjawab terhadap kebenaran sehingga akuntabilitas perencanaan berarti perencanaan yang dilakukan secara benar dan dapat dipertanggujawabkan berdasarkan fakta dan pertimbangan-pertimbangan yang dapat diterima secara rasional. Dengan demikian akuntabilitas perencanaan pembangunan adalah perencanaan pembangunan yang dilakukan secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan fakta yang ada dengan pertimbangan-pertimbangan secara rasional. Pemanfaatan data disesuaikan dengan kebutuhan perencanaan. Untuk perencanaan pembangunan yang bersifat makro (jangka panjang) dan hasilnya berupa rencana intervensi yang tidak langsung berdampat terhadap masyarakat maka dapat menggunakan data makro yang diperoleh melalui kerjasama dengan BPS, Dinas Instansi, Lembaga Pendidikan/LSM. Sedangkan untuk perencanaan pembangunan yang bersifat mikro (jangka pendek) dan hasilnya berupa rencana intervensi yang diharapkan berdampak langsung kepada masyarakat dapat menggunakan data yang dikumpulkan secara langsung maupun dengan melibatkan peranserta masyarakat.

Berdasarkan strategi akurasi data yang ditempuh bidang Data dan Litbang diharapkan pemanfaatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perencanaan sehingga diharapkan akan diperoleh akuntabilitas perencanaan pembangunan melalui proses yang benar dengan pertimbangan secara rasional.

Penutup/kesimpulan

1. Data memiliki peran penting dalam proses perencanaan sebagai bahan analisis untuk menentukan kebijakan pembangunan.

2. Bidang Data dan Libang sebagai bagian dari Bappeda berperan sebagai pegelola penyediaan data sebagai bahan perencanaan dan evaluasi pembangunan.

3. Strategi akurasi data yang ditempuh bidang Dalitbang meliputi : kerja sama dengan BPS, kerjasama dengan instansi otonom, kerjasama lembaga pendidikan/LSM, pengumpulan data secara langsung maupun pelibatan masyarakat.

4. Pemanfaatan media teknologi informasi sebagai penyedia data maupun proses komunikasi data dan informasi dalam menunjang perencanaan melalui pengembangan program-program intranet maupun internet.

———————-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • Tidak ada
  • kampungcyber: kenapa masih mencari format ?
  • kampungcyber: ok
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: